Apa itu UAV LiDAR ?

Pemetaan UAV LiDAR adalah teknologi yang serbaguna, berbeda dengan metode penginderaan pasif seperti fotogrametri. UAV LiDAR dapat menembus vegetasi dan beroperasi dalam situasi pencahayaan yang gelap. UAV LiDAR adalah teknologi yang lebih aplikatif dan ramah pengguna serta menyediakan data yang lebih cepat dan lebih mudah untuk diproses.

UAV LiDAR memungkinkan kita untuk mengambil data topografi sebuah area dengan lebih cepat dan hasil yang lebih konsisten dari pada menggunakan teknologi pemetaan darat saat ini, seperti metode pemetaan terestrial dengan total station atau GPS.

Dasar penggunaan UAV LiDAR

Light Detection and Ranging (LiDAR) adalah metode pengindraan aktif yang dapat digunakan untuk berbagai aplikasi. Metode LiDAR menggunakan media berbentuk sinar laser untuk mengukur jarak (jarak variabel) dari sensor ke permukaan bumi. Sistem ini mampu menangkap data permukaan bumi secara akurat dengan mengukur waktu yang dibutuhkan laser untuk kembali ke sensornya.

Sensor pada UAV LiDAR memerlukan empat perangkat dasar agar dapat beroperasi dengan baik. Perangkat tersebut antara lain :

  1. Sensor LiDAR yang mampu mengeluarkan sinar laser untuk mengukur jarak antara sensor dan permukaan bumi dan sensor ini harus bisa dipasang di wahana UAV.
  2. GPS geodetik yang mampu mengukur posisi sensor dalam format koordinat x,y,z.
  3. Inertial Measurement Unit yang melacak kemiringan wahana UAV dan sensor di udara untuk mencapai pengukuran koordinat dan ketinggian yang akurat.
  4. Sebuah komputer atau kontroler yang mampu merekam dan menyimpan data UAV LiDAR.

Gelombang cahaya dari sensor LiDAR ini mampu untuk menghasilkan banyak data titik permukaan bumi. Kemudian data ini digabungkan dan diolah oleh suatu sistem untuk menghasilkan informasi tiga dimensi yang sangat akurat tentang permukaan bumi yang telah dipindai.

 

 

 

Disalin ulang oleh : Anwar Ghazali, 21 Mei 2019

Sumber :

Phoenix LiDAR System. 2019. Water Column Mapping. Diakses pada tanggal 21 Mei 2019. Tersedia di : https://www.phoenixlidar.com/lidar-mapping-principles/

Tags:
No Comments

Post A Comment

× Ada yang bisa kami bantu ?